Efek Buruk Main Gadget Sambil Tiduran

Konten [Tutup]

    Perlu di Ketahui Efek Buruk Main Gadget Sambil Tiduran - Perlu diKetahui Efek Buruk Main Gadget Sambil Tiduran- Tahukah anda kalau tiduran sambil main gadget itu dilarang keras karena justru berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Namun, masih banyak orang yang memandang sebelah mata akan hal ini, termasuk saya. 

    Efek Buruk Main Gadget Sambil Tiduran

    Dengan menulis artikel ini, saya ingin mengajak anda semua untuk sama-sama belajar tentang bahaya main gadget sambil tiduran agar bisa terbiasa untuk menghindarinya.

    Bahaya bermain gadget sambil berbaring dijelaskan oleh seorang dokter spesialis ortopedi. Dalam penjelasannya, menyebutkan ada beberapa Efek Buruk Main Gadget Sambil Tiduran yang bisa terjadi pada tubuh anda:

    Efek Buruk Main Gadget Sambil Tiduran

    Gadget dizaman sekarang makin sulit dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Apalagi saat ini kita benar-benar berada di era yang sudah dimabuk teknologi. Mau melakukan apa saja sekarang sudah mudah dan cepat hanya dengan menyentuh gadget.

    Dalam sehari, kita pasti menghabiskan waktu berjam-jam untuk menatap layar gadget dalam kondisi apapun. Meskipun badan sudah capek dan lelah, kita tetap kuat untuk menatap layar gadget bahkan sambil tiduran. 

    Bahkan, Anda mungkin merasa tak enak hati saat tak memegang gadget meski hanya sesaat. Hal ini menyebabkan banyak orang sulit melepaskan gadgetnya meski sudah jam istirahat atau waktu tidur.

    Tak jarang, Anda akhirnya tetap asyik memegang gadget saat berbaring atau tidur siang. Meski menyenangkan, ternyata bermain gadget sambil berbaring memiliki sejumlah dampak buruk bagi kesehatan, seperti dibawah ini:

    Risiko Cedera Mata

    Jika bermain gadget sambil tiduran, ada potensi gadget terjatuh dan mengenai mata. Hal ini bisa saja menyebabkan trauma tumpul pada bola mata anda. Sudah beberapa kasus yang terjadi, ada yang bisa sembuh namun ada juga yang mengalami cedera serius.

    Nyeri Siku

    Ketika seseorang memegang gadget sambil tiduran, siku cenderung ditekuk lebih dari 90 derajat. Jika dilakukan dalam waktu lama, ada risiko saraf terjepit di siku. Nantinya, saraf terjepit ini dapat menimbulkan rasa nyeri dan kesemutan di tangan hingga siku sumber alexabet88.

    Nyeri Punggung

    Terlalu sering tiduran atau bermain gadget sambil tiduran dapat menyebabkan otot menjadi lemah. Selain itu, aliran darah di kaki dan anggota tubuh lainnya menurun dan tidak lancar. Hal ini dapat menimbulkan rasa nyeri di punggung, lutut, atau anggota tubuh lainnya. 

    Risikonya, teman-teman lebih rentan terkena berbagai penyakit tulang dan sendi seperti nyeri punggung, nyeri lutut, dan nyeri di tempat lain.

    Seorang dokter menyarankan bermain gadget boleh-boleh saja, tetapi sebaiknya jangan berbaring. Atur posisi tangan agar tidak menekuk lebih dari 90 derajat. Ia juga menyarankan untuk menyempatkan diri melakukan aktivitas fisik agar terhindar dari berbagai penyakit tulang dan sendi.

    Postur Tubuh yang Buruk

    Jika kita bermain gadget atau gadget sambil bersandar pada kepala tempat tidur, sambil bersandar pada guling, dan sebagainya, bahkan sambil berbaring, akan memberikan efek samping kecil berupa posisi tubuh yang buruk. 

    Banyak orang yang cenderung membungkuk, membungkukkan badan saat berbaring, hal tersebut dapat menyebabkan ketegangan pada otot leher, punggung, dan bahu. Jika dibiarkan, hal tersebut dapat menyebabkan nyeri otot dan pegal-pegal di sekujur tubuh, bahkan dapat menyebabkan radang sendi atau hernia tulang belakang.

    Ketergantungan Gadget

    Memang di era teknologi gadget ini, kita dibantu dengan berbagai cara, dari yang mudah hingga yang sulit, yang semuanya diratakan dengan cara instan. Namun, kita juga perlu rehat sejenak dari gadget.

    Kita perlu mengistirahatkan mata, jiwa, dan raga agar tidak tergantung pada gadget. Ketergantungan yang berlebihan terhadap gadget dapat memicu beberapa masalah seperti gangguan sosial, kurangnya interaksi langsung dengan seseorang, dan gangguan konsentrasi dalam aktivitas sehari-hari. 

    Risiko Kanker dan Tumor Otak

    Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh International Agency of Research on Cancer di bawah naungan WHO dalam jurnalnya yang berjudul "Journal of Clinical Oncology" pada tahun 2009, terlalu sering bermain gadget sambil tiduran dapat memicu terjadinya kanker dan tumor otak. 

    Hal ini disebabkan oleh radiasi dari layar gadget yang memengaruhi pembentukan neoplasma dari regenerasi sel yang tidak normal.

    Risiko Depresi dan Bipolar

    Dampak bermain gadget sambil tiduran juga dapat memicu terjadinya depresi dan bipolar pada pelakunya. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang melibatkan banyak mahasiswa dengan hasil yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara penggunaan gadget sebelum tidur dengan menurunnya adaptasi lingkungan di kemudian hari.

    Penurunan kesehatan mental juga dapat terjadi karena dapat memicu suasana hati seseorang yang melakukannya. Setelah mengetahui beberapa dampak negatif bermain gadget sambil tiduran dan sebelum tidur, diharapkan kita semua dapat mencegah hal tersebut. 

    Demikian penjelasan tentang Perlu diKetahui Efek Buruk Main Gadget Sambil Tiduran semoga bermanfaat, terimakasih.

    Belum ada Komentar untuk "Efek Buruk Main Gadget Sambil Tiduran"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel