JakartaArquivo & Museu da Resistência Timorense, Instituto Público (AMRT, IP) Timor Leste bekerjasama dengan Technophoria Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan dengan tema “Manajemen Museum & Studi Referensi” yang dilasanakan pada tanggal 12 Agustus s.d. 23 Agustus 2019. Pelatihan diselenggarakan dalam format in house training dengan mengambil tempat di Fave Hotel Jl. H. Samanhudi No.26 Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Gelombang pertama ini, diikuti oleh 5 orang pegawai/staf kantor AMRT, IP Timor Leste dari rencana 17 orang pegawai/staf yang dilaksanakan dalam tiga gelombang. Selama dua minggu, yaitu 10 hari kerja efektif, peserta belajar bagaimana mengelola museum yang baik dari aspek koleksi dan narasi sehingga museum dapat berkembang dengan baik.

Materi disampaikan oleh nara sumber dari pengelola museum di jakarta dan instansi terkait. Materi disampaikan dengan metode teori/pemaparan di dalam kelas dan praktek kerja/kunjungan ke museum-museum yang ada di Jakarta. Tujuannya agar peserta tidak hanya memahami masalah pengelolaan museum secara teori melainkan juga praktek langsung di lapangan.

Beberapa museum yang dikunjungi peserta pelatihan dari AMRT, IP Timor Leste di Jakarta sebagai bahan studi referensi dan studi banding diantaranya adalah Museum Bank Indonesia, Museum Perjuangan Fatahillah di Kota tua, Museum Nasional (Monas), dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Diharapkan dari kunjungan ini, peserta dapat belajar dan menambah wawasan serta keterampilan dalam mengelola museum di Timor Leste sehingga menjadi lebih baik dan berkembang. (Rcd)


Ditulis pada : August 26th, 2019 | Penulis : admin | Kategori : News | Tag: ,

RelatedPost

Technophoria Photo Gallery

Kantor Technophoria

komplek ruko gatik

Peta Lokasi Kantor


Lihat Technophoria Jogja pada peta besar

Alamat Kantor

TECHNOPHORIA Jogja
Komplek Ruko Graha Strategic (GATIC)
Jl. Perumnas 83 Seturan, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. 55281
Telp. (0274) 4469037, 2921618, 2921648
Email: info@technophoriajogja.com