YogyakartaDirecção Nacional do Património Cultural atau Direktorat Nasional Warisan Budaya Timor-Leste mengirimkan 8 orang pegawai dan staf ke Technophoria Yogyakarta, dalam rangka mengikuti pelatihan tentang “Manajemen Pelestarian Cagar Budaya dan Teknik Eskavasi Arkeologi”. Pelatihan dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan pegawai dan staf kantor Direcção Nacional do Património Cultural Timor-Leste tentang arti penting dari pengelolaan warisan dan/atau cagar budaya yang berada di negara Timor-Leste.

Pelatihan “Manajemen Pelestarian Cagar Budaya dan Teknik Eskavasi Arkeologi” diselenggarakan pada tanggal 20 November s.d. 27 November 2017 di gedung Grha Technophoria Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta bekerjasama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi DIY. Materi tentang “Manajemen Pelestarian Cagar Budaya” disampaikan oleh Drs. Muhammad Taufik, M.A, sedangkan materi tentang “Teknik Eskavasi” disampaikan oleh Yudhistiro Tri Nugroho. Beliau berdua adalah tenaga ahli dan arkeolog dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi DIY.

Disamping teori dan presentasi di dalam kelas, peserta juga diberikan materi praktek lapangan berupa peninjauan langsung ke beberapa tempat peninggalan/warisan dan cagar budaya yang berada di Yogyakarta, diantaranya adalah kunjungan dan peninjauan langsung ke Candi Boko, Candi Kedulan, Candi Bubrah, dan penjelasan kegiatan ekskavasi penyelamatan Situs Candi Abang yang berada di  Dusun Blambangan, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, peserta dari Direcção Nacional do Património Cultural Timor-Leste lebih mengetahui dan memahami serta mampu mengambil tindakan konservasi baik dalam bentuk pemugaran, pelindungan, pemanfaatan, maupun revitalisasi warisan dan cagar budaya yang berada di Timor-Leste. Demikian juga, dapat menambah pengetahuan dan wawasan serta pemahaman tentang kegiatan eskavasi demi menjaga dan menyelamatkan warisan dan cagar budaya Timor-Leste. (Rcd)


Ditulis pada : November 30th, 2017 | Penulis : admin | Kategori : Pelatihan | Tag: ,

Berita Terkait

Technophoria Photo Gallery

Kantor Technophoria

komplek ruko gatik

Peta Lokasi Kantor


Lihat Technophoria Jogja pada peta besar

Alamat Kantor

TECHNOPHORIA Jogja
Komplek Ruko Graha Strategic (GATIC)
Jl. Perumnas 83, Seturan, Catur Tunggal, Depok Telp. (0274) 4469037, 4469039 Yogyakarta
Email: info@technophoriajogja.com

Staf Technophoria Jogja