Technophoria – Melengkapi kebutuhan di dunia peternakan dalam sebuah ekosistem yang berkembang. Dinas Peternakan Tanjung Jabung Barat Prov Jambi mengirimkan sebanyak 12 SDM untuk mengikuti Bimtek SMS Gateway. Di Pimpin ketua rombongan Ir. Hamzah Selaku Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Tanjung Jabung Barat mengikuti Pelatihan SMS Gateway dari Technophoria Yogyakarta. Data ternak dan kegiatan yang menyangkut bidang peternakan harus juga dilakukan dengan baik. Data peternakan yang baik akan melahirkan kebijakan yang lebih baik untuk pengembangan dunia peternakan dimasa depan.Untuk mendapatkan data yang baik akan menyangkut 3 hal yang sangat mempengaruhi kesuksesan dalam mengumpulkan sebuah database peternakan yang akurat, yaitu :

pelatihan sms gate waySistem pengumpulan data, Petugas pengumpul dan topografi daerah. Sistem pengumpulan data yang kurang baik akan menimbulkan kelelahan petugas, biaya yang besar, waktu yang lama dan munculnya kesalahan pencatatan. Demikian pula dengan kendala yang ada pada petugas yang kurang rajin dan topografi daerah yang sangat luas dan infrastuktur jalan, bisa mempengaruhi untuk mendapatkan data dengan cepat.
Technophoria Yogyakarta mengembangkan sistem aplikasi yang sederhana dan murah namun tepat guna. Pendataan menjadi lebih mudah, lebih murah dan terhindar dari kesalahan yang tidak perlu. Rekapitulasi data secara singkat dan mudah akan tersaji secara rapi.

dinas peternakan jawa timurPetunjuk Teknis Pengumpulan dan Penyajian Data Peternakan dimaksudkan untuk memberikan standar prosedur baku dalam hal pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian data peternakan baik di pusat maupun dinas peternakan/dinas yang melaksanakan fungsi pembangunan peternakan di provinsi dan kabupaten/kota.

Tujuan untuk memberikan panduan bagi para petugas pengelola data peternakan baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah dalam melaksanakan kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian data peternakan, Untuk mendapatkan data peternakan yang akurat, relevan, konsisten dan dapat dipertanggungjawabkan.
Ruang lingkup bimbingan teknis ini meliputi:
1.    Pemahaman tentang sistem informasi.
2.    Praktek pemasukan data data peternakan.
3.    Praktek pengolahan data data peternakan.
4.    Praktek pebuatan rekapitulasi/laporan data peternakan.

Manfaat aplikasi ini adalah pengguna dapat dengan mudah mengolah data peternakan yang dibutuhkan dengan cepat, akurat dan transparan sesuai permintaan pemegang kewenangan maupun kebutuhan suatu regulasi, sehingga dapat membantu proses penentuan kebijakan secara tepat berdasar data yang akurat. Secara lebih spesifik Sistem aplikasi untuk data peternakan  dapat  memberikan manfaat sebagai berikut :
a.    Meningkatkan produktivitas
Dapat membantu dan menambah produktivitas instansi/organisasi untuk mengelola data peternakan karena informasi akan diperoleh dengan lebih cepat, tepat dan akurat.
b.    Meningkatnya waktu respon
Pengolahan data peternakan, update data, dan pengambilan keputusan dapat dilakukan jauh lebih cepat dan mudah.
c.    Menghemat  biaya dan meningkatkan efisiensi
Dapat menghemat biaya, karena pengumpulan data dan pengolahan data lebih mudah dan cepat dibanding dengan cara konvensional.
d.    Mengurangi resiko data tidak konsisten
Dengan pengumpulan data menggunakan aplikasi akan mengurangi kesalah input data yang tidak konsisten yang menimbulkan bias dalam pembacaan data.
e.    Data Sharing
Pemasukan data dan penggunaan database dapat dilakukan secara bersamaan oleh beberapa user sekaligus sehingga mempercepat dan meringankan kerja.
f.    Keamanan dokumen yang handal
Diketahui siapa-siapa saja yang berhak memasukan data siapa saja yang mengolah lebih lanjut. Terproteksi dengan adanya kata kunci [password] dan Mempunyai salinan data [backup] yang disimpan dalam lokasi atau media berbeda.


Ditulis pada : March 1st, 2016 | Penulis : admin | Kategori : Pelatihan | Tag: , , ,

Berita Terkait

Technophoria Photo Gallery

Kantor Technophoria

komplek ruko gatik

Peta Lokasi Kantor


Lihat Technophoria Jogja pada peta besar

Alamat Kantor

TECHNOPHORIA Jogja
Komplek Ruko Graha Strategic (GATIC)
Jl. Perumnas 83, Seturan, Catur Tunggal, Depok Telp. (0274) 4469037, 4469039 Yogyakarta
Email: info@technophoriajogja.com

Staf Technophoria Jogja