Proses pembuatan video secara sederhana bisa dilakukan hanya dengan menggunakan sebuah alat perekam yang bernama video camera. Menggunakan Alat perekam ini sebuah individu sudah dapat merekam sebuah peristiwa yang ada di depan individu tersebut. Bahkan saat ini merekam sebuah gambar tidak hanya bisa dilakukan oleh video camera, akan tetapi dengan menggunakan smartphone berteknologi canggih pun sekarang seseorang bisa merekam gambar yang dia inginkan. Jika dilihat dari prosesnya merekam video itu sangatlah mudah. Video-video yang direkam seseorang tanpa melewati beberapa proses pelaksanaan produksi video, hasilnya dapat digolongkan menjadi video amatir. Akan tetapi, untuk melakukan sebuah produksi video secara professional ada beberapa tahap yang harus dilewati sebelum hasil video itu bisa ditayangkan atau dinikmati oleh penonton yang akan melihatnya. Materi pelatihan produksi video dan editing sebagai berikut :

1.JENIS-JENIS PRODUKSI VIDEO

Video non-commercial use,Video liputan/dokumentasi, Video company profile

2.PROSES PELAKSANAAN PRODUKSI VIDEO.

A.PRA PRODUKSI
•    Pencarian dan Penemuan Ide
•    Pembuatan Sinopsis, Treatment, Storyboard, dan Shooting Script
•    Perencanaan Produksi
•    Persiapan Produksi

B. PRODUKSI
Tahap produksi video merupakan tahap untuk merealisasikan semua langkah yang ada di tahap pra-produksi. Di tahap produksi, tim produksi video biasanya dipimpin oleh seorang sutradara .Biasanya sutradara dibantu oleh beberapa asisten untuk membantu kelancaran produksi video yang sedang berlangsung. Salah satu hal yang perlu dicermati dalam tahap produksi ini ketika pengambilan gambar yaitu mencatat adegan, shoot atau scene yang sudah diambil oleh kameramen. Teknik pencatatan ini dinamakan camera logging. Dalam melakukan pencatatan gambar yang sudah diambil tidak bisa hanya mencatat saja, akan tetapi catatan tersebut harus disesuaikan dengan shooting script yang sudah dibuat.

C. PASCA PRODUKSI
Tahap pasca produksi merupakan tahapan akhir dalam produksi video sebelum video siap disajikan atau di distribusikan. Dalam proses pasca produksi ini diperlukan software editing video dan perangkat yang memadai untuk melakukan proses editing video. Adobe yang digunakan untuk proses editing video:

  • Adobe Premiere Pro, software yang digunakan untuk editing secara real-time baik oleh profesional ataupun yang sedang belajar   mengenai editing video.
  • Adobe After Effect, aplikasi khusus yang biasa digunakan editor video profesional untuk membuat motion graphic dan visual effect.
  • Adobe Media Encoder, aplikasi khusus untuk me-render video yang sudah selesai diedit ke dalam beberapa format video yang mudah untuk digunakan oleh audience dari video tersebut.
  • Adobe Encore DVD, aplikasi yang digunakan untuk merubah format raw video yang sudah diedit menjadi format DVD.

Akhir pelatihan Video Editing ini diharapkan peserta manpu memproduksi video dokumentasi atau video company profile dengan baik. Segera hubungi TECHNOPHORIA Yogyakarta untuk pelatihan dan permintaan surat penawaran.


Ditulis pada : January 25th, 2016 | Penulis : admin | Kategori : Pelatihan | Tag: , ,

Berita Terkait

Technophoria Photo Gallery

Kantor Technophoria

komplek ruko gatik

Peta Lokasi Kantor


Lihat Technophoria Jogja pada peta besar

Alamat Kantor

TECHNOPHORIA Jogja
Komplek Ruko Graha Strategic (GATIC)
Jl. Perumnas 83, Seturan, Catur Tunggal, Depok Telp. (0274) 4469037, 4469039 Yogyakarta
Email: info@technophoriajogja.com

Staf Technophoria Jogja