Hutan merupakan sumber daya alam yang memiliki multy fungsi bagi kehidupan manusia, namun demikian masih sering diabaikan oleh berbagai kepentingan. paradigma pembangunan kehutanan harus mulai diubah dari hanya pemanfaatkan kayu kepada pemanfaatan sumber daya hutan secara menyeluruh seperti fungsi hutan sebaga hutan produksi,hutan lindung hutan wisata dan hutan konservasi yang diarahkan untuk menjamin  kelangsungan ketersediaan hasil hutan sebagai pengoprasian industri, perluasan lapangan kerja dan kesempatan berusaha, penciptaan pendapatan daerah, plasma nutfah dan kesuburan tanah.Fungsi hutan sebagai penjaga iklim dan tata air sebagai ekosistem dipersyaratkan minimal 30% dari total hamparan  daratan (Undang-Undang No. 41 Tahun 1999 tentang kehutanan), sedangkan luas hutan keseluruhan di Kabupaten Kutai Barat mencapai 76,5% dari total luas wilayah. meskipun luas hutan masih terbilang luas namun tidak ada lagi wilayah yang kosong dan bebas dari wilayah pemanfaatan. potensi kehutanan di Kabupaten Kutai Barat meliputi  hutan lindung seluas 810.205,88 ha, hutan suaka alam dan wisata 587,5 ha, hutan produksi tetap 668.536,98 ha, hutan produksi terbatas 1.596.068,17 ha dan hutan yang dapat dikonversi 859.966,67 ha. dari total luas hutan di Kabupaten Kutai Barat yang mencapai 3.940.647,75 ha, pemanfaatan terbesar digunakan untuk hutan produksi terbatas dan hutan produksi (KBK) yaitu seluas 1.596.068,17 ha atau sekitar 40,50%.

Dinas Kehutanan Pemkab Kutai Barat

Aplikasi web Gis Kehutanan merupakan Informasi Geografis  yang  bersifat indikatif (umum) serta akan terus disempurnakan dan dilengkapi  sesuai  dengan perkembangan terakhir untuk meningkatkan keakurasian, ketepatan waktu dan kelengkapan data. Batas-batas yang disajikan tidak berkekuatan hukum, untuk tujuan dimaksud harus menggunakan data (peta) yang disahkan oleh pejabat yang berwenang sesuai ketentuan yang berlaku (Surat Keputusan).  Penyajian peta interaktif dengan berbagai macam format yang dapat dibuka menggunakan berbagai macam software sehingga memudahkan user untuk memperoleh informasi. Jadi service dari WEB GIS ini dapat dibuka dengan menggunakan Software ArcGis, ArcGIS Explorer, ArcGISJavaScript, Google Earth dan Virtual Earth. Beberapa fasilitas toolbar yang disediakan oleh WEBGIS yaitu : Tema, Koordinat, Penanda Lokasi.

Dinas Kehutanan Pemkab Kutai Barat di Technophoria YogyakartaOleh karena itu Dinas Kehutanan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat bekerja sama dengan Technophoria dalam pembuatan Aplikasi Gis yang berbasis Website tentang kehutanan karena dengan WEBGIS ini kita bisa melihat maupun menambahkan data tentang kehutanan yang ada kutai barat.  Aplikasi ini akan memudahkan untuk mendapatkan informasi Pelepasan Kawasan Hutan, Pinjam Pakai Kawasan Hutan, Pemanfaatan Kawasan Hutan (Alam),Pemanfaatan Kawasan Hutan (Tanaman),KPH,Penutupan Lahan,Lahan Kritis,Batas DAS,Kawasan Hutan,Kantor Kehutanan,Landsat. Serta Aplikasi ini bertujuan untuk mengakses data spasial melalui gadget Ipad atau Iphone, mengakses GIS Server dan kemudian menampilkan datanya, melihat katalog data pada GeoPortal serta dapat digunakan untuk update informasi atau melakukan penambahan data dari lapangan, baik data atribut, hingga melampirkan attachment foto, dan secara real time dikirimkan ke Server


Ditulis pada : November 9th, 2015 | Penulis : admin | Kategori : News, Software | Tag: , , ,

Berita Terkait

Technophoria Photo Gallery

Kantor Technophoria

komplek ruko gatik

Peta Lokasi Kantor


Lihat Technophoria Jogja pada peta besar

Alamat Kantor

TECHNOPHORIA Jogja
Komplek Ruko Graha Strategic (GATIC)
Jl. Perumnas 83, Seturan, Catur Tunggal, Depok Telp. (0274) 4469037, 4469039 Yogyakarta
Email: info@technophoriajogja.com

Staf Technophoria Jogja