Manajemen Aset didefinisikan menjadi sebuah proses pengelolaan aset (kekayaan) baik berwujud dan tidak berwujud yang memiliki nilai ekonomis,nilai komersial, dan nilai tukar, mampu mendorong tercapainya tujuan dari individu dan organisasi. Melalui proses manajemen planning, organizing, leading dan controling. bertujuan mendapat keuntungan dan mengurangi biaya (cost) secara effisien dan effektif. Dalam pengelolaan suatu kekayaan diperlukan ilmu manajemen yang khusus dan spesifik mengelola kekayaan (asset ) seperti yang kita ketahui banyak asset yang tidak maksimal dalam pemanfaatanya, disini sangat diperlukan kompentsi pengelola asset atau manager asset. untuk saat ini di indonesia pengelolaan aset physic masih belum di implementasikan dengan baik. bukan hanya perusahaan  tapi juga di pemerintahan, melihat potensi yang harus dikelola manajemen aset sangat spesifik mengatur dan mengelola kekayaan. sebagai contoh banyak aset milik daerah tidak secara maksimal memberikan profit atau benefit.

Dalam rangka memantapkan pemahaman mengenai teknik penilaian aset daerah ada beberapa langkah dalam manajemen aset pemerintah daerah meliputi; inventarisasi aset,legal audit, penilaian aset, penghapusan aset, pemanfaatan aset serta pengawasan dan pengendalian dengan sistem informasi manajemen aset.

Dengan ini Technophoria Jogjakarta  baru saja melaksanakan pelatihan manajemen aset dengan peserta dari Pemerintah kabupaten kotabaru, Pemkab kotabaru telah mengirimkan 4 orang SDM dari beberapa SKPD untuk mengikuti pelatihan manajemen aset di Technophoria Jogyakarta selama 3 hari. Pelatihan ini diadakan yang bertujuan untuk mencapai Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK untuk laporan keuangan Kabupaten Kota Baru. Bapak Selamet Aripin dari RSUD, Bapak Anwar Hamdani dan Ibu Sri Irmayani dari Dinas Pertanian, dan Bapak Irwan Fitriady dari Dinas Peternakan sangat menikmati pelatihan ini.  Semoga kita bisa berjumpa lagi di pelatihan selanjutnya….


Ditulis pada : August 19th, 2015 | Penulis : admin | Kategori : News

Berita Terkait

Technophoria Photo Gallery

Kantor Technophoria

komplek ruko gatik

Peta Lokasi Kantor


Lihat Technophoria Jogja pada peta besar

Alamat Kantor

TECHNOPHORIA Jogja
Komplek Ruko Graha Strategic (GATIC)
Jl. Perumnas 83, Seturan, Catur Tunggal, Depok Telp. (0274) 4469037, 4469039 Yogyakarta
Email: info@technophoriajogja.com

Staf Technophoria Jogja