Pencatatan persediaan barang habis pakai di setiap SKPD nilainya kecil dibanding nilai aset secara keseluruhan. Namun demikian pencatatan yang sembarangan mengakibatkan turunnya kualitas pelaporan dan berakibat tidak tercapainya status WTP. Opini Wajar tanpa pengecualian (biasa disingkat WTP) adalah opini audit yang akan diterbitkan jika laporan keuangan dianggap memberikan informasi yang bebas dari salah saji material. Jika laporan keuangan diberikan opini jenis ini, artinya auditor meyakini berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan, perusahaan/pemerintah dianggap telah menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik, dan kalaupun ada kesalahan, kesalahannya dianggap tidak material dan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan. Dengan demikian dalam pencatatan persediaan barang walaupun kecil namun tetap terhitung material dan menyebabkan tidak tercapainya opini WTP dari BPK. Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah mempunyai tugas melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah. Dengan demikian bertanggungjawab pula terhadap seluruh pelaporan keuangan dari setiap SKPD sebelum mendapat penilaian dari BPK.

Manajemen Stock OpnameDPPKAD Kabupaten Tanah laut mengirimkan 9 karyawannya untuk meningkatkan kemampuan dalam pencatatan persediaan atau stock opname. 9 Karyawan ini diambilkan dari berbagai SKPD dibawah koordinasi DPPKAD . Mereka mengikuti pelatihan di Technophoria Yogyakarta selama 3 hari penuh dari jam 08.00 hingga 16.00 setiap hari. Pelatihan dibimbing dari berbagai unsur yang berkompeten dalam pelaporan keuangan daerah antar lain dari DPPKA provinsi DI Yogyakarta dan kantor Inspektorat DI Yogyakarta. Pelatihan berjalan hangat dan penuh “perdebatan”, peserta antusias bertanya dan merasa akrab karena pembimbing mengajar dengan baik dan mampu memancing peserta pelatihan untuk fokus dan merasa nyaman dalambertukar pikiran.

Kota Yogyakarta tidak kunjung habis menyajikan keceriaan bagi pengunjungnya. Selepas pelatihan dari pagi sampai sore, peserta pelatihan bisa berwisata belanja dengan menelusuri jalan Malioboro yang dikenal dengan batik yang berkualitas dan murah. Pada malam hari berikutnya semua peserta dari berbagai daerah dijamu makan malam oleh penyelenggara pelatihan Technophoria Yogyakarta. Sebuah resto “Bukit Indah” yang berdiri diatas kota Yogyakarta menjadi tempat menjalin keakraban. Menikmati sop asparagus yang panas sembari menikmati musik live serta pemandangan kota Yogyakarta di waktu malam menjadikan kenangan yang sulit untuk dilupakan.


Ditulis pada : March 23rd, 2015 | Penulis : admin | Kategori : News | Tag: , , ,

Berita Terkait

Technophoria Photo Gallery

Kantor Technophoria

komplek ruko gatik

Peta Lokasi Kantor


Lihat Technophoria Jogja pada peta besar

Alamat Kantor

TECHNOPHORIA Jogja
Komplek Ruko Graha Strategic (GATIC)
Jl. Perumnas 83, Seturan, Catur Tunggal, Depok Telp. (0274) 4469037, 4469039 Yogyakarta
Email: info@technophoriajogja.com

Staf Technophoria Jogja