HTML5 adalah versi 5 dari HTML, HTML ini menjadi topic perbincangan di Internet, dikarenakan banyaknya fitur-fitur baru yang di versi HTML sebelumnya belum support. Namun apa saja kelebihan dan keunggulannya dibanding versi HTML yang lain?

Tahun 1980, IBM memikirkan pembuatan suatu dokumen yang akan mengenali setiap elemen dari dokumen dengan suatu tanda tertentu. IBM kemudian mengembangkan suatu jenis bahasa yang menggabungkan teks dengan perintah-perintah pemformatan dokumen. Bahasa ini dinamakan Markup Langiage, sebuah bahasa yang menggunakan tanda-tanda sebagai basisnya. IBM menamakan sistemnya ini sebagai Generalized Markup Language atau GML.

Tahun 1986, ISO menyatakan bahwa IBM memiliki suatu konsep tentang dokumen yang sangat baik, dan kemudian mengeluarkan suatu publikasi ( ISO 8879 ) yang menyatakan markup language sebagai standar untuk pembuatan dokumen-dokumen. ISO membuat bahasa ini dari GML milik IBM, tetapi memberinya nama lain, yaitu SGML (Standard Generalized Markup Language).

ISO dalam publikasinya meyakini bahwa SGML akan sangat berguna untuk pemrosesan informasi teks dan sistem-sistem perkantoran. Tetapi diluar perkiraan ISO, SGML dan terutama subset dari SGML, yaitu HTML juga berguna untuk menjelajahi internet. Khususnya bagi mereka yang menggunakan World Wide Web. Versi terakhir dari HTML adalah HTML 4.01, meskipun saat ini telah berkembang XHTML yang merupakan pengembangan dari HTML.

HTML5 ini merupakan hasil proyek dari W3C (World Wide Web Consortium) dan WHATWG (Web Hypertext Application Technology Working Group). Dimana WHATWG bekerja dengan bentuk web dan aplikasi dan W3C merupakan pengembang dari XHTML 2.0 pada tahun 2006, kemudian mereka memutuskan untuk bekerja sama dan membentuk versi baru dari HTML.

Berikut tujuan dibuatnya HTML5:

Fitur baru harus didasarkan oleh HTML, CSS, DOM, dan Javascript.
Mengurangi kebutuhan ekternal (Seperti Flash).
Penanganan kesalahan lebih baik.
Lebih markup untuk menggantikan scripting.
HTML5 merupakan perangkat mandiri.
Proses pembangunan dapat terlihat untuk umum.

Fitur baru HTML5:

Unsur kanvar untuk menggambar.
Video dan audio untuk elemen pemutaran.
Dukungan lebih baik untuk penyimpanan secara offline.
Elemen konten lebih spesifik, seperti : header, footer, article, aside, nav, dan sebagainya.
Bentuk kontrol form, seperti : kalender, tanggal, waktu, email, url, search.


Ditulis pada : January 28th, 2014 | Penulis : admin | Kategori : Software, Teknologi

Berita Terkait

Technophoria Photo Gallery

Kantor Technophoria

komplek ruko gatik

Peta Lokasi Kantor


Lihat Technophoria Jogja pada peta besar

Alamat Kantor

TECHNOPHORIA Jogja
Komplek Ruko Graha Strategic (GATIC)
Jl. Perumnas 83, Seturan, Catur Tunggal, Depok Telp. (0274) 4469037, 4469039 Yogyakarta
Email: info@technophoriajogja.com

Staf Technophoria Jogja